Scroll untuk baca artikel
Gaya Hidup

10 Buah Terbaik untuk Sahur, Bantu Bikin Kenyang Seharian

270
×

10 Buah Terbaik untuk Sahur, Bantu Bikin Kenyang Seharian

Sebarkan artikel ini

  • 1. Alpukat
  • 2. Semangka
  • 3. Blackberry
  • 4. Pisang
  • 5. Plum
  • 6. Raspberry
  • 7. Pir
  • 8. Apel
  • 9. Mentimun
  • 10. Kiwi

Jakarta – Selama berpuasa, penting untuk Anda menjaga pola makan yang mana sehat. Salah satu tindakan dengan mengonsumsi buah-buahan.

Menurut Ahli Diet, Lauren Manaker mengemukakan pada waktu sahur pilihlah barang yang mana memiliki serat, atau protein, untuk membantu meningkatkan rasa kenyang dengan memperlambat proses pencernaan.

Buah-buahan juga dapat berubah jadi penjaga kebugaran tubuh agar tidak ada lemas ketika menjalani ibadah puasa seharian penuh. Kendati demikian, tak sembarang buah-buahan baik dikonsumsi khususnya pada waktu sahur.

Berikut adalah buah-buahan yang mana sanggup dikonsumsi ketika sahur agar kenyang seharian dilansir Eat This, Not That!

1. Alpukat

Alpukat membantu Anda masih kenyang kemudian berubah menjadi salah satu buah terbaik yang dimaksud kaya serat. Peneliti menyebutkan, dengan mengonsumsi alpukat dapat memberikan rasa kenyang lebih banyak lama.

“Serat pada alpukat juga membantu pencernaan serta berkontribusi pada rasa kenyang, lalu alpukat mempunyai tekstur lembut yang tersebut menambah kekayaan pada makanan, menjadikannya tambahan yang mana memuaskan lalu serbaguna untuk beragam hidangan,” kata Trista Best, MPH, RD, LD di dalam Suplemen Balance One.

2. Semangka

Rasa kenyang tiada selalu datang cuma dari mengonsumsi makanan berserat. Semangka yang mengandung banyak air juga dapat menyegarkan lalu menghidrasi serta meredakan rasa haus.

“Terkadang, melindungi hidrasi sanggup membantu Anda merasa lebih banyak kenyang. Karena semangka mengandung 92% air, mengonsumsi buah ini kemungkinan besar dapat membantu Anda merasa lebih besar kenyang,” kata Lauren Manaker.

3. Blackberry

Blackberry ternyata miliki kegunaan yang mana berkali-kali lipat besar dibandingkan dengan ukurannya. Segenggam buah blackberry mengandung 8 gram serat yang digunakan baik untuk pencernaan.

Buah ini juga memiliki komposisi gula yang dimaksud rendah sehingga aman untuk dikonsumsi bagi segala jenis situasi kesehatan. Jika ingin kenyang yang tersebut lebih besar lama, blackberry bisa saja dipadukan dengan yogurt untuk sekaligus mempertahankan keseimbangan usus.

“Blackberry adalah buah yang sangat baik untuk dimasukkan ke pada rutinitas harian Anda, oleh sebab itu mengandung hampir 8 gram serat per cangkir,” penulis kemudian ahi diet kata Lisa Young.

4. Pisang

Pisang kemungkinan besar tiada mempunyai serat sejumlah secangkir blackberry, namun buah ini masih mengandung sekitar 3,5 gram pada satu buah pisang. Mengonsumsi satu buah pisang pada waktu sahur akan membantu perut merasa kenyang lebih lanjut panjang ketika mulai berpuasa.

5. Plum

Buah plum dapat membantu Anda merasa lebih lanjut kenyang seharian. Khasiat ini didapat dari isi sekitar 6 gram serat di setiap 150 gram buah plum.

6. Raspberry

Raspberry dapat membantu Anda merasa lebih banyak kenyang dengan mengonsumsi sekitar 8 gram serat per cangkir. Buah ini mengandung kalori kemudian lebih tinggi serat dibandingkan dengan pilihan buah lainnya.

Buah ini juga terbilang rendah gula dibandingkan buah lainnya, yaitu hanya saja sekitar 5 gram per cangkir.

7. Pir

Pir mengandung sekitar 84 persen air. Tak cuma itu, pir juga mengandung serat yang mana baik. Dalam 150 gram pir biasanya terdapat sekitar 5,5 gram serat.

Pektin merupakan salah satu jenis serat terbaik yang digunakan ditemukan pada pir. Pektin terbukti mampu memperlambat pencernaan juga meningkatkan keseimbangan mikrobioma usus.

8. Apel

Apel juga menjadi salah satu buah yang bikin kenyang berkat komposisi air juga serat ke dalamnya. Sama seperti pir, apel juga kaya akan serat larut pektin yang dapat memperlambat pencernaan dan juga meningkatkan rasa kenyang. Kandungan serat pada apel juga dapat membantu kadar gula darah.

“Apel adalah buah yang digunakan baik dimakan agar kenyang pada waktu lama akibat kaya akan serat larut, teristimewa pektin, yang tersebut memperlambat pencernaan kemudian meningkatkan rasa kenyang,” kata Best.

Kandungan serat di apel membantu mengatur kadar gula darah, mengurangi lonjakan secara tiba-tiba serta rasa lapar berikutnya.

9. Mentimun

Mengonsumsi mentimun dapat menimbulkan Anda kenyang di waktu lama sebab rendah kalori namun tinggi zat air. Kandungan airnya yang tersebut membesar membantu mengisi perut sehingga meningkatkan rasa kenyang.

Karena sifatnya yang tersebut rendah kalori kemudian kemampuannya untuk menambahkan berbagai makanan, mentimun dapat berubah menjadi komponen yang digunakan berguna dari diet seimbang untuk mengatasi rasa lapar lalu menyokong pengelolaan berat badan.

10. Kiwi

Buah kiwi mengandung nutrisi tinggi, teristimewa vitamin C, juga serat. Nutrisi di kiwi terbukti memberikan faedah kesehatan, khususnya kesulitan pencernaan seperti konstipasi serta hambatan pencernaan lain yang dimaksud kerap dialami oleh mereka itu yang mana berpuasa.

Menurut Manaker, dua buah Kiwi Zespri SunGold memberikan 2 gram serat jikalau Anda cuma memakan dagingnya, namun memberikan 4 gram serat jikalau Anda juga memakan kulitnya.

Artikel Selanjutnya Banyak yang dimaksud Tak Tahu, Sayur & Buah Ini adalah Mengandung Mikroplastik

Artikel ini disadur dari 10 Buah Terbaik untuk Sahur, Bantu Bikin Kenyang Seharian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *