Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Penting rawat AC mobil sebelum melakukan mudik dengan mobil pribadi

263
×

Penting rawat AC mobil sebelum melakukan mudik dengan mobil pribadi

Sebarkan artikel ini

DKI Jakarta (ANTARA) – Melakukan kegiatan mudik lebaran 2024 dengan kendaraan pribadi, diperlukan persiapan yang tersebut matang untuk mendapatkan kenyamanan kemudian juga keselamatan pada pada waktu dikendarai.

Hal utama yang tersebut berubah menjadi titik enak pada berkendara selama perjalanan mudik adalah, perawatan Air Conditioner (AC) agar ketiak dipakai pada keadaan baik lalu prima.

“Perawatan untuk cuci AC itu biasa dilaksanakan setiap 3 bulan sekali,” kata ketua eksekutif dari Dokter Mobil, Ko Lung Lung terhadap ANTARA, Sabtu.

Baca juga: Perawatan AC cukup rajin ganti filter saja

Baca juga: Rawat AC mobil bisa saja jadi pilihan isi waktu ngabuburit

Menurut dia, beraneka hal untuk melindungi keadaan AC permanen prima sebuah hal yang dimaksud sudah ada diharuskan. Jika tak melakukan perawatan AC secara tidaklah rutin, tidak hanya saja kehancuran komponen saja, biaya yang digunakan harus dikeluarkan juga cukup mahal.

Perawatan AC biasanya dibutuhkan pembersihan komponen-komponen vital yang tersebut ad pada dalamnya seperti pencucian evaporator, pencucian kondensor, ganti oli kompresor, top up freon hingga coolant mesin.

“Ganti oli serta freon itu biasanya dikerjakan setiap 12 bulan sekali. Ketika pemilik kendaraan lalai akan kesegaran AC mobil mereka, komponennya akan bermetamorfosis menjadi cepat rusak,” jelas dia.

Menurut dia, evaporator sangat penting untuk diperhatikan lantaran komponen ini telah kotor akan memberikan dampak buruk untuk kesegaran mobil dan juga juga kebugaran khalayak yang ada pada dalamnya. Jika evaporator kotor juga udara yang tersebut masuk ke di kabin akan memunculkan bau yang tak sedap ke di kabin.

Para pemilik kendaraan yang digunakan hendak melakukan perawatan komponen ini, disarankan setiap berjarak 20.000 Km sekali. Jika sudah ada mengalami kerusakan, suhu temperatur pada ac akan bermasalah kemudian jikalau tak segera diatasi pipa pada ac akan diselimuti es.

“Ini sangat fatal untuk kebugaran anda yang dimaksud berada pada di kabin sebaiknya anda memperbaikinya serta dibawa ke bengkel spesialis ac mobil,” tegas dia.

Jadi para pemilik kendaraan yang dimaksud hendak melalukan perjalan mudik lebaran dengan kendaraan pribadi yang digunakan memiliki keadaan AC tak sehat, disarankan untuk segara menghadirkan ke spesialis AC yang digunakan memang benar terpercaya, agar perjalanan ke kampung halaman tiada berubah jadi membosankan akibat AC yang tersebut tidak ada sehat.

Baca juga: Penyebab AC mobil tak dingin ketika cuaca panas

Baca juga: Cara simpel bersihkan ventilasi AC mobil

Baca juga: Perhatikan keadaan radiator apabila mudik dengan mobil pribadi

Artikel ini disadur dari Penting rawat AC mobil sebelum melakukan mudik dengan mobil pribadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *