Scroll untuk baca artikel
Berita

Sudin KPKP Kepulauan Seribu peringkat pelatihan budi daya ikan 

14
×

Sudin KPKP Kepulauan Seribu peringkat pelatihan budi daya ikan 

Sebarkan artikel ini

Ibukota – Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, juga Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu mengatur pelatihan budi daya perikanan ke Pulau Lancang, Kelurahan Pulau Pari, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Jakarta, Jumat.

Kasie Perikanan Sudin KPKP Kepulauan Seribu Pisuko Herawati mengutarakan tujuan pelatihan adalah untuk memberikan pengetahuan juga keterampilan untuk anggota kelompok budi daya ikan (pokdakan) di pembuatan pakan ternak secara mandiri lalu penanganan pada ikan yang mana sakit.

"Selama ini, permasalahan yang muncul pada pembudi daya ikan yaitu cara mengendalikan hama pada ikan dan juga tingginya tarif pakan pabrik. Serta, sulitnya pakan ikan rucah (ikan kecil) pada musim barat, kerap berlangsung angin lalu gelombang besar," katanya di keterangannya yang diterima ke Jakarta.

Ia menuturkan sejumlah 25 partisipan pelatihan dari sembilan pokdakan dalam Pulau Pancang itu dibekali materi oleh dua penduduk narasumber yang mana ahli dalam bidangnya. Sekaligus, praktik pembuatan pakan (pelet) ikan, dan juga cara pengendalian hama penyakit juga melindungi kesegaran budi daya ikan air laut.

"Selain materi juga praktik, mereka itu juga mendapatkan stimulan sarana dari Sudin KPKP Kepulauan Seribu terdiri dari satu unit mesin pelet ikan juga 80 unit bak fiber," ujarnya.

Herawati berharap para partisipan menjadi pembudi daya mandiri yang tersebut mampu menghasilkan kembali pakan ikan alternatif juga menekan biaya biaya pembelian pakan pabrik, juga mampu menanggulangi permasalahan kesejahteraan ikan laut secara cepat lalu benar.

"Semoga latihan ini dapat bermanfaat kemudian merek mampu meningkatkan produktivitas hasil budi daya perikanan di Kepulauan Seribu khususnya dalam Pulau Lancang," ujarnya.

Salah satu partisipan Mat Hariri, mengaku pelatihan itu sangat bermanfaat juga penting untuk dipelajari.

Dirinya merasa kesulitan apabila terdapat ikan yang sakit, ternyata tindakan cukup melakukan karantina kemudian rutin dibersihkan, dan juga pemberian pakan yang tersebut seimbang.

"Terima kasih untuk Sudin KPKP yang telah terjadi memberikan pelatihan juga mesin pembuatan pakan. Dengan ini kami bisa jadi lakukan budi daya dengan lebih besar baik lagi, ikan-ikan kami bisa jadi dipanen sesuai waktunya," kata Hariri.

Artikel ini disadur dari Sudin KPKP Kepulauan Seribu gelar pelatihan budi daya ikan 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *