Scroll untuk baca artikel
Berita

Pengunjung Berdesakan dalam Bundaran HI Saat Waktu petang Pergantian Tahun, Sejumlah Warga Jatuh Pingsan

485
×

Pengunjung Berdesakan dalam Bundaran HI Saat Waktu petang Pergantian Tahun, Sejumlah Warga Jatuh Pingsan

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM – Warga memadati kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada waktu malam pergantian tahun 2024, Mingguan (31/12/2023). Bahkan, terdapat beberapa jumlah warga yang digunakan pingsan sebab keramaian ini.

Pantauan Suara.com, warga saling berdesak-desakan sepanjang kawasan Bundaran HI. Mereka ingin mengamati pertunjukan kembang api, light show drone, serta video mapping tiga dimensi menggunakan kabut air.

Warga pun yang dimaksud ingin melintas Bundaran HI jadi terjebak di tempat berada dalam kerumunan. Di sedang situasi itu, terlihat ada individu anak dibopong pengunjung lain di kondisi pingsan.

Anak yang dimaksud secara langsung diarahkan ke pos polisi juga kemudian digendong oleh Kapolres Ibukota Pusat, Kombes Susatyo Purnomo Condro.

Berselang 10 menit kemudian, ada manusia anak lainnya yang digunakan dibopong pada kondisi pingsan. Susatyo mengaku pihaknya telah menerima sebagian orang yang digunakan pingsan.

Sejumlah warga jatuh pingsan pada kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada waktu malam pergantian tahun 2024, Akhir Pekan (31/12/2023). [Suara.com/Fakhri]
Sejumlah warga jatuh pingsan pada kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada waktu malam pergantian tahun 2024, Mingguan (31/12/2023). [Suara.com/Fakhri]

“Sudah ada beberapa dari tadi (orang pingsan),” ujar Susatyo ketika ditemui di dalam lokasi.

Tak cuma orang pingsan, Suara.com juga mengamati seseorang yang mana diduga copet dibawa ke pos polisi Bundaran HI. Petugas terpaksa membuka pembatas agar copet itu sanggup diamankan.

“Ini (pembatas) dibuka tadi sebab ada copet,” kata seseorang petugas.

Pesta Waktu petang Tahun Baru

Diketahui, eksekutif Provinsi DKI mengatur perayaan waktu malam Tahun Baru 2024 bertajuk Waktu senja Muda Mudi Daerah Perkotaan Global yang digunakan diadakan di area kawasan Monas dan juga Jalan Sudirman-Thamrin sampai Bundaran Senayan, Hari Minggu (31/12/2023) waktu malam hingga dini hari pada waktu pergantian tahun. Berbagai acara akan diselenggarakan pada kegiatan ini.

Berdasarkan data dari Dinas Peluang Usaha Pariwisata dan juga Perekonomian Kreatif (Disparekraf) DKI, Acara Muda Mudi DKI Jakarta Perkotaan Global ini memilimi enam segmen acara. Di antaranya adalah Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama di area Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin, kemudian Panggung Jalan Sudirman.

Selain itu, terdapat 11 panggung dengan genre musik berbeda yang dimaksud didirikan sepanjang lokasi acara.

Selain itu, terdapat banyak artis yang dimaksud akan segera menjadi pengisi acara, seperti Titiek Puspa, Armada Band, Rampak Orchestra, Nabila T, Raina Gumay, Albert Fakdawer, Jordan Basa, kemudian Wulan KDI. Sementara, pembawa acara adalah Sinyorita juga Kamal.

Terkait acaranya, di area Gemilang Silang Monas penduduk bisa saja menyaksikan pertunjukan musik juga video mapping. Lokasinya dapat menampung sampai 10 ribu orang.

Lalu, Jakarnaval adalah kegiatan pawai budaya kemudian seni yang digunakan akan berlangsung dengan rute dimulai dari parkir tenggara Monas, memutari Tugu Monas, kemudian ke pintu Barat Daya Monas.

Panggung utama di area Bundaran HI akan menjadi yang digunakan paling sibuk oleh sebab itu berkapasitas 30 ribu orang. Panggungnya juga jadi yang terbesar dibandingkan lainnya.

Sejumlah warga jatuh pingsan di area kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada waktu malam pergantian tahun 2024, Mingguan (31/12/2023). [Suara.com/Fakhri]
Sejumlah warga jatuh pingsan pada kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) pada waktu malam pergantian tahun 2024, Hari Minggu (31/12/2023). [Suara.com/Fakhri]

Selanjutnya, puncak acara pada pada waktu hitung mundur tahun baru 2024 akan dijalankan pada segmen Kirana Jakarta. Terdapat juga visualisasi semenarik mungkin saja dengan menggunakan teknologi drone, water mist juga video mapping 3D yang digunakan diklaim pertama kalinya pada Indonesia.

Tak hanya sekali Waktu senja Muda Mudi, terdapat empat lokasi lain yang digunakan menjadi destinasi unggulan perayaan tahun baru 2024, yakni Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Pusat Kota Tua, Taman Impian Jaya Ancol, lalu Pantai Indah Kapuk (PIK).

Selain Ibukota Pusat, empat wilayah kota lalu labupaten juga mengadakan acara di malam hari tahun baru, yaitu kantor Wali Perkotaan Ibukota Utara, kantor Wali Pusat Kota Ibukota Barat, Setu Babakan Ibukota Selatan, Old Shanghai DKI Jakarta Timur, kemudian Pulau Tidung Kepulauan Seribu.

Kemudian, Dishub DKI juga melakukan penutupan 26 ruas jalan ketika kompetisi acara perayaan waktu malam Tahun Baru 2024. Penuntupan ruas jalan itu akan dimulai pada 31 Desember pukul 19.00 Waktu Indonesia Barat hingga 1 Januari pukul 01.00 WIB.

Adapun, ruas jalan yang tersebut akan ditutup yakni, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan MH Thamrin, Jalan Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat, Kupingan Agok, kemudian Kupingan Semanggi, Jalan Bendungan Hilir, Jalan KH Mas Mansyur, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5, kemudian Jalan Kupingan BNI 46.

Kemudian, Jalan Daerah Perkotaan Bumi juga Jalan Baturaja, Jalan Teluk Betung, Jalan Kebon Kacang, Jalan Sunda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sumenep Tosari, Landmark (Indocement), Jalan Setiabudi, lalu Jalan Prof. Dr. Satrio.

Lalu, Jalan Masjid (Sampoerna), Jalan Garnisun serta Kolong Semanggi, Jalur lambat Kupingan Semanggi (Gatot Subroto) sisi Timur, SCBD, Jalan Tulodong Atas 2 atau Samping CIMB Simpang, Jalan Budi Kemuliaan kemudian Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih dari Arah Barat atau untuk arah timur tutup di tempat Simpang Agus Salim, Jalan K.H Wahid Hasyim, serta Jalan Majapahit.

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *