Scroll untuk baca artikel
Teknologi

Cara Menggunakan VLOOKUP di dalam Microsoft Excel

503
×

Cara Menggunakan VLOOKUP di dalam Microsoft Excel

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM – Microsoft Excel miliki banyak fungsi bawaan yang tersebut memudahkan pengguna untuk melakukan berbagai tugas di tempat Excel, salah satunya adalah VLOOKUP.

VLOOKUP merupakan singkatan dari Vertical Lookup pada Microsoft Excel. Fungsi ini pada dasarnya memungkinkan pengguna mencari data di kolom menggunakan nilai dari kolom berbeda dalam baris yang tersebut sama.

Berikut ini cara menggunakan VLOOKUP pada Microsoft Excel:

  • Pertama, klik pada kotak yang tersebut bukan terpakai dalam spreadsheet Excel. Di kotak inilah pengguna akan menggunakan VLOOKUP.
  • Di Formula Bar di tempat bagian atas, ketik =VLOOKUP( di area kolom kosong.
  • Klik pada nilai pencarian. Kolom ini berada di tempat kolom paling kiri pada baris yang tersebut sebanding dengan kolom yang dimaksud ingin pengguna cari.
  • Di Formula Bar, ketikkan koma.
  • Klik lalu seret kursor ke area berisi data yang pengguna cari. Setelah selesai, lepaskan klik.
  • Di Formula Bar, ketikkan koma.
  • Di Formula Bar, ketik nomor indeks kolom dan juga koma setelahnya. Nomor indeks kolom adalah kolom pada tabel yang tersebut berisi data yang digunakan ingin dikembalikan.
  • Terakhir, pada Formula Bar, ketik FALSE) untuk mendapatkan pencocokan tepat atau TRUE) untuk mendapatkan perkiraan kecocokan.
  • Tekan Enter pada keyboard. Angka yang mana pengguna cari akan muncul di area kotak yang digunakan pertama kali pengguna klik.
Ilustrasi kegiatan Microsoft Excel. [Shutterstock]
Ilustrasi acara Microsoft Excel. [Shutterstock]

Kapan harus menggunakan nilai TRUE juga FALSE di area VLOOKUP?

Langkah terakhir di proses VLOOKUP adalah memasukkan TRUE) atau FALSE) di dalam akhir rumus. Ada perbedaan tetapi sebagian besar pengguna akan menggunakan FALSE.

TRUE digunakan ketika pengguna ingin mengatasi perkiraan kecocokan. Jika pencocokan persis tidak ada tersedia, VLOOKUP akan memberi pengguna pencocokan yang tersebut paling mendekati nilai pencarian.

Sedangkan FALSE digunakan ketika pengguna ingin memulihkan hasil yang digunakan identik persis. VLOOKUP semata-mata akan memberikan nilai jikalau ditemukan kecocokan persis untuk nilai pencarian.

Itulah cara untuk menggunakan fungsi VLOOKUP di tempat Microsoft Excel.

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *