Scroll untuk baca artikel
Berita

NASA Ungkap Fakta Asteroid Raksasa Hantam Bumi Oktober 2024

477
×

NASA Ungkap Fakta Asteroid Raksasa Hantam Bumi Oktober 2024

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM –

Jakarta – Menurut sebuah laporan, sebuah asteroid berpotensi menghantam Bumi pada Oktober 2024 mendatang. Asteroid yang mana ditemukan pada 2007 bernama FT3.

Asteroid itu berukuran 314 meter. FT3 disebut hilang akibat hanya sekali terlihat 1,2 hari sebelum menghilang dari pandangan NASA.

NASA melaporkan FT3 terlalu redup juga tidak ada terlihat ketika menghilang. Asteroid terlihat 14 titik busurnya selama dua hari dan juga memproduksi para astronaut menghitung orbitnya dan juga mencari prospek tabrakan dengan Bumi.

Pusat Studi Obyek Dekat Bumi (Center for Near Earth Object Studies) NASA mengidentifikasi 89 peluang dampak tabrakan. Salah satunya adalah pada 5 Oktober 2024, dikutip IFL Science, Rabu (3/1/2024).

IFL Science mencatat tiada ada yang perlu dikhawatirkan dengan kemungkinan tersebut. Karena peluang sebelumnya terjadi pada tahun 2019, yang dimaksud akhirnya bukan ada kejadian apapun.

Juru bicara NASA menjelaskan tak diketahui ancaman asteroid terhadap Bumi pada masa depan. Namun pihaknya terus melakukan pengamatan dan juga melacak obyek dekat Bumi.

“Tidak ada ancaman dampak asteroid pada Bumi di area abad mendatang. NASA kemudian mitranya banyak mengamati langit untuk menemukan, melacak serta mengkategorikan asteroid juga obyek dekat Bumi, termasuk yang dimaksud kemungkinan besar mendekati Bumi,” kata juru bicara NASA tersebut.

Dia juga menambahkan jarak terdekat dengan Bumi adalah 30 jt mil. Makin besar ukurannya, makin mudah untuk menemukannya.

“Makin besar sebuah asteroid, makin mudah bagi para ahli untuk menemukan, artinya orbitnya identik mengelilingi Matahari kemudian biasanya terkenal lalu sudah dipahami selama bertahun-tahun,” ungkap dia.

Artikel Selanjutnya Planet Jupiter Ditabrak Asteroid, Terlihat Kilatan Cahaya

SUMBER CNBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *