Scroll untuk baca artikel
Berita

Mengenal Kanker Pankreas yang mana Diidap Rizal Ramli serta Gejalanya

483
×

Mengenal Kanker Pankreas yang mana Diidap Rizal Ramli serta Gejalanya

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM –

Jakarta – Mantan Menteri Koordinator Sektor Kemaritiman (Menko Maritim), Rizal Ramli, meninggal dunia dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) DKI Jakarta pukul 19.30 WIB, Selasa (2/1/2023).

“Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 Waktu Indonesia Barat di area Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Kami segenap keluarga memohon maaf jikalau ada kesalahan beliau selama hidupnya,” tulis instruksi singkat keluarga.

Melansir dari detikhealth, staf Rizal Ramli, Tri Wibowo Santoso, mengungkapkan bahwa Rizal sebelumnya telah terjadi menjalani perawatan tumor ganas pankreas stadium akhir selama dua bulan dalam RSCM sebelum tutup usia.

“Hampir dua bulan dikarenakan tumor ganas pankreas stadium empat,” ungkap Tri.

Sebenarnya, apa itu tumor ganas pankreas?

Melansir dari Mayo Clinic, neoplasma pankreas adalah jenis karsinoma yang digunakan dimulai dengan perkembangan sel-sel di tempat pankreas.

Hingga ketika ini, ada beberapa jenis pankreas yang mana diketahui. Namun, jenis yang tersebut paling umum ditemukan adalah adenokarsinoma duktal pankreas, yakni sel neoplasma yang dimaksud muncul di area lapisan saluran yang dimaksud menyebabkan enzim pencernaan pergi dari pankreas.

Kasus karsinoma pankreas jarang ditemukan pada stadium awal alias ketika kesempatan penyembuhannya paling besar akibat kerap kali tak menyebabkan gejala sampai menyebar ke organ lain.

Hingga kini, belum diketahui secara pasti penyulut dari karsinoma pankreas. Namun, para dokter menemukan bahwa beberapa orang faktor yang mana menggalakkan munculnya sel neoplasma di area pankreas adalah merokok lalu riwayat tumor ganas pankreas dari keluarga.

Sebagai informasi, pankreas adalah organ yang tersebut berfungsi untuk memproduksi enzim yang membantu mencerna makanan dan juga hormon untuk mengatur gula darah. Organ yang tersebut bentuknya memanjang ini terletak di tempat belakang lambung bagian bawah.

Berikut gejala tumor ganas pankreas yang mana umumnya dialami serta kemungkinan besar muncul pada waktu memasuki fase stadium lanjut.

  • Sakit perut yang mana menjalar ke samping atau punggung
  • Kehilangan selera makan
  • Penurunan berat badan
  • Kulit juga bagian putih mata menguning
  • Kotoran berwarna terang atau mengambang
  • Urine berwarna gelap
  • Gatal
  • Diagnosis baru hiperglikemia atau kencing manis yang mana semakin sulit dikendalikan
  • Nyeri lalu bengkak dalam lengan atau tungkai, yang digunakan mungkin saja disebabkan oleh bekuan darah
  • Kelelahan atau rasa lemah berkepanjangan

Artikel Selanjutnya Banyak Anak Kecil Idap Diabetes, Kenali 7 Gejalanya

SUMBER CNBC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *