Scroll untuk baca artikel
Berita

Duka Para Tokoh Untuk Rizal Ramli, Ekonom Dan Kritikus Yang Istimewa

474
×

Duka Para Tokoh Untuk Rizal Ramli, Ekonom Dan Kritikus Yang Istimewa

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM – Ekonom senior sekaligus mantan Menteri Koordinator Lingkup Maritim serta Informan Daya, Rizal Ramli meninggal dunia pada Selasa (2/1/2024) waktu malam pukul 19.30 Waktu Indonesia Barat di tempat Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta.

Rizal Ramli yang sekaligus mantan Menteri Koordinator Sektor Ekonomi, Keuangan juga Industri itu mangkat di dalam usianya yang mana ke 69. Sejumlah tokoh politik, kolega juga sahabat berbagai yang mana merasa kehilangan dan juga mengucapkan duka cita dan juga doa untuk mendiang.

Semasa hidupnya, Rizal Ramli dikenal sebagai tokoh yang mana bergerak mengoreksi kebijakan pemerintah yang dinilainya melenceng dari kepentingan publik banyak. Terutama di tempat era kepemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), sosok Rizal Ramli sejumlah melontarkan kritik, tak hanya saja bidang ekonomi yang tersebut memang sebenarnya menjadi keahliannya, termasuk juga kebijakan politik.

Salah satu kritik terakhir yang tersebut disampaikan Rizal Ramli yakni terkait urusan politik dinasti. Kritik itu ia komunikasikan pada 8 November 2023 pada akun X (dulu Twitter) pribadinya.

Doa Kolega dan juga Sahabat

Menteri Koordinator bidang Maritim serta Sumber Daya Rizal Ramli tiba di dalam gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Mulai Pekan (12/10). [suara.com/Oke Atmaja]
Rizal Ramli pada waktu menjabat Menteri Koordinator bidang Maritim kemudian Informan Daya pada gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Awal Minggu (12/10). [suara.com/Oke Atmaja]

Banyak tokoh yang mendoakan kepergian Rizal Ramli untuk selama-lamanya. Di antaranya dari pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo lalu Mahfud Md. Hal itu sebagaimana ia ungkapkan di area akun X pada Selasa (2/3/2024).

Ganjar mengenang sosok Rizal Ramli sebagai ekonom yang tersebut istimewa.

“Innalillahi wa innailaihi roji’un. Turut berdukacita berhadapan dengan meninggalnya Dr. Rizal Ramli, salah satu ekonom yang mana istimewa. Semoga amal ibadah beliau diterima pada sisi Allah SWT lalu keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. Selamat jalan Mas Rizal,” kata Ganjar pada akun media sosial X, Selasa malam.

Sementara Mahfud Md juga menyampaikan belasungkawa melalui akun media sosial X, @mohmahfudmd.

“Innaalillaahi wa innaa ilaihi raji’un. Sahabat baik saya Dr. Rizal Ramli telah dilakukan wafat, waktu malam ini. Saya bergabung berduka cita yang mana mendalam, sahabat seperjuangan yang dapat saling memperkuat ataupun saling mengkritik. Semoga almarhum mendapat surga-Nya. Mas Rizal, damailah di dalam sisi-Nya” tulis Mahfud.

Ucapan doa juga duka cita juga disampaikan oleh mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu yang mana berada dalam berada dalam Mekah, Arab Saudi. Ia merasa sangat kehilangan melawan kepergian Rizal Ramli.

“Di Masjidil haram dapat berita mengejutkan bahwa Dr. Rizal Ramli meninggal di tempat Ibukota pada 19.30 WIB,” tulis Said Didu melalui akun X miliknya pada Selasa waktu malam Waktu Indonesia Barat.

Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli usai menjalani pemeriksaan di dalam gedung KPK, Jakarta, Hari Jumat (19/7). [Suara.com/Arief Hermawan P]
Mantan Menko Kemaritiman Rizal Ramli usai menjalani pemeriksaan di area gedung KPK, Jakarta, hari terakhir pekan (19/7). [Suara.com/Arief Hermawan P]

Said Didu kemudian menuliskan bahwa dirinya mengenal mendiang Rizal Ramli sebagai sosok yang tersebut ikhlas pada berjuang. Saat pandemi COVID-19, keduanya juga masih terus berdiskusi.

Dalam unggahan yang menyertakan sebuah foto menampilkan dirinya dan juga almarhum Rizal Ramli tersebut, Said Didu juga berjanji akan melanjutkan perjuangan yang dimaksud sudah digoreskan oleh mendiang Rizal Ramli.

“Engkau ikhlas berjuang sampai akhir hajat. Saat Virus Corona pun kami terus berdiskusi. Selamat jalan Bang RR – perjuanganmu akan kami lanjutkan. Alfatihah,” tulis Said Didu.

Belasungkawa juga datang dari Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ia mengenang mendiang Rizal Ramli sebagai sosok aktivis lalu ekonom yang tersebut memberikan berbagai kontribusi, pandangan keilmuan, serta kebijakan untuk negara.

“Innalillahi wa inna ilahi rajiun. Turut berduka cita berhadapan dengan berpulangnya Prof. Rizal Ramli, aktivis & ekonom yang mana berbagai memberikan sumbangan pandangan keilmuan & kebijakan untuk negara,” tulis AHY melalui akun media sosial X pada Selasa malam.

AHY menggambarkan almarhum Rizal Ramli sebagai kerabat dekat lalu memberikan kesan tersendiri tak belaka bagi diriya, namun juga untuk sang istri Annisa Pohan.

Ucapan belasungkawa lalu doa juga datang dari lembaga pemerintah yakni Kementerian Koordinator Lingkup Kemaritiman lalu Pengembangan Usaha (Kemenko Marves) yang mana notabene dulu pernah dipimpin oleh Rizal Ramli.

“Sebagai Juru Bicara Kementerian Koordinator Lingkup Kemaritiman serta Investasi, saya menyampaikan rasa duka cita yang digunakan mendalam berhadapan dengan berpulangnya Bapak Rizal Ramli, mantan Menteri Koordinator Area Kemaritiman,” kata Jodi Mahardi, Juru Bicara sekaligus Deputi Lingkup Kedaulatan Maritim dan juga Tenaga Kemenko Marves, Selasa.

Kemenko Marves, kata Jodi, menyampaikan rasa hormat juga terima kasih berhadapan dengan jasa dan juga pengabdian Rizal Ramli, yang menjabat sebagai Menko Kemaritiman pada periode 2015-2016.

Rizal Ramli lalu Amien Rais berserta rombongan mendatangi Gedung Merah Putih KPK di dalam DKI Jakarta pada Hari Senin (21/8/2023). [Suara/com/Yaumal]
Rizal Ramli kemudian Amien Rais berserta rombongan mendatangi Gedung Merah Putih KPK di tempat DKI Jakarta pada Hari Senin (21/8/2023). [Suara/com/Yaumal]

“Pada kesempatan ini, kami ingin menyampaikan rasa hormat dan juga terima kasih yang dimaksud sebesar-besarnya menghadapi segala jasa lalu pengabdian beliau. Doa kami agar beliau mendapatkan tempat terbaik dalam sisi Tuhan Yang Maha Esa, serta semoga keluarga yang digunakan ditinggalkan diberikan ketabahan serta kekuatan,” ujar Jodi.

Lewat instruksi yang tersebut beredar di tempat kalangan wartawan, disebutkan bahwa Rizal Ramli berpulang pada Selasa, 2 Januari 2024 pukul 19.30 Waktu Indonesia Barat dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

“Iya benar kabarnya dari teman, setengah jam yang dimaksud lalu,” kata kerabat Rizal Ramli, aktivis Adhie Massardi, pada waktu dihubungi di area Jakarta, Selasa malam.

Adhie merupakan sahabat Rizal Ramli yang mana kerap berjuang sama-sama sebagai aktivis.

“Kami sama-sama pernah mendirikan Komite Bangkit Indonesia,” kata dia.

Menurut Adhie, Rizal telah dirawat sekitar satu bulan di dalam rumah sakit. Rizal, kata Adhie, terakhir kali muncul di dalam depan umum ketika hadir di ulang tahun Menteri Koordinator Maritim serta Penanaman Modal Luhut Panjaitan.

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *