Scroll untuk baca artikel
Berita

Ramai-Ramai Industri Media Luar Negeri Sorot Gibran di tempat Pilpres RI, Ada Apa Lagi?

460
×

Ramai-Ramai Industri Media Luar Negeri Sorot Gibran di tempat Pilpres RI, Ada Apa Lagi?

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM –   Jakarta,  – Sejumlah media asing menyoroti pemilihan umum presiden (pilpres) RI. Bukan soal survei capers melainkan indikasi pelanggaran pemilu.

Badan Pengawas pemilihan raya (Bawaslu) disebut memanggil calon perwakilan presiden (cawapres) dari pasangan calon (paslon) namor urut 2, Gibran Rakabuming Raka. Putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mana berpasangan dengan calon presiden (capres) Prabowo Subianto dikatakan berada dalam dimintai keterangan.

“Bawaslu DKI Jakarta Pusat memanggil Gibran lantaran diduga melanggar aturan kampanye dengan membagikan susu gratis terhadap warga pada acara masyarakat hari bebas mobil (car-free day) bulan lalu,” tulis Reuters pada artikel “Indonesia election watchdog summons president’s son over alleged violation” dikutip Kamis (4/1/2023).

“Perlu ada klarifikasi dari Gibran, kami ingin melakukan konfirmasi apakah (tuduhan) itu benar atau tidak,” tambahnya memuat pernyataan pejabat Bawaslu Dimas Trianto Putro.

Dituliskan pula bagaimana Peraturan Gubernur Ibukota tahun 2016 sebenarnya melarang “acara untuk kepentingan partai politik” pada acara mingguan di tempat sepanjang Jalan MH Thamrin-Sudirman tersebut. Namun, muat Perusahaan Berita Reuters lagi, Bawaslu sebenarnya tidaklah mempunyai wewenang untuk menghukum Gibran.

“Belum jelas apakah pemerintah kota akan menjatuhkan hukuman apa pun,” tambahnya.

Hal identik juga dimuat media Hong Kong, South China Morning Post (SCMP). Dalam artikel “Indonesia election watchdog summons Jokowi’s son Gibran for handing out free milk”, ditulis bagaimana Gibran diduga melanggar aturan kampanye dengan membagikan susu gratis pada acara car-free day.

“Pejabat dari regu kampanye pasangan calon presiden, Prabowo Subianto, menyatakan dia bukan mengetahui bahwa tindakan yang dimaksud melanggar Peraturan Gubernur Ibukota Indonesia tahun 2016,” muat media itu lagi.

Media India WION juga menyorotinya dengan artikel berjudul “Indonesian president’s son summoned by election watchdog ahead of polls”. Dimuat bagaimana Gibran kooperatif mengikuti pemanggilan Bawaslu.

“Sejauh ini, keduanya sudah merancang keunggulan yang mana solid berhadapan dengan kelompok yang digunakan dipimpin oleh calon presiden saingannya Anies Baswedan kemudian Ganjar Pranowo,” muat media itu mengatakan survei Gibran kemudian Prabowo yang tersebut unggul dari paslon lain.

“Saat ditanya persoalan pemanggilan kelompok pengawas, Habiburokhman, perwakilan ketua regu kampanye Prabowo, mengungkapkan Raka akan hadir di pemanggilan Bawaslu pada Rabu sekitar pukul 1 siang,” tulis Wion menyampaikan nama kepanjangan Gibran.

Artikel Selanjutnya Video: Jadi Ketum PSI, Kaesang Ramai Jadi Sorotan Dunia Pers Eksternal

SUMBER CNBC.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *