Scroll untuk baca artikel
Berita

HUT Ke-61 Kowal, Kasal yakin ke depan ada perempuan jadi danlantamal

462
×

HUT Ke-61 Kowal, Kasal yakin ke depan ada perempuan jadi danlantamal

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM – Seharusnya tak ada gap di membina kemampuan prajurit pria dan juga perempuan.

Jakarta – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali meyakini ke depan ada prajurit perempuan dari Korps Wanita TNI AL (Kowal) yang mana berhasil menjadi komandan pangkalan kelas A, yaitu Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal).

Kasal menyatakan bahwa prajurit perempuan dan juga laki-laki sepatutnya punya kesempatan yang dimaksud identik di mengabdikan dirinya dan juga berkarier pada TNI Angkatan Laut.

"Di Angkatan Laut ini sudah ada ada pilot dari wanita, kemudian komandan KAL (kapal TNI AL) dari wanita ada, kemudian komandan pangkalan ada, yang dimaksud belum ada komandan lantamal. Kira-kira sanggup enggak ini?" kata Ali bertanya untuk para prajurit perempuan pada waktu Syukuran HUT Ke-61 Kowal dalam Balai Samudera, Jakarta, Jumat.

Kompak, seluruh anggota Korps Wanita TNI Angkatan Laut menjawab: "Sanggup!"

"Nanti kita pertimbangkan," kata Ali merespons jawaban itu.

Menurut dia, seharusnya tidaklah ada gap (jarak) pada membina kemampuan prajurit pria juga perempuan.

"Harusnya memang sebenarnya tiada ada gap," kata Kepala Staf TNI AL disambut dengan riuh tepuk tangan anggota Kowal.

Walaupun demikian, beliau menyadari bahwa prajurit perempuan masih menghadapi ragam tantangan. Selain dari tradisi kemiliteran yang digunakan ketika ini masih didominasi laki-laki, juga ada tradisi, budaya, juga etika.

"Namun, ke depan makin dengan profesionalnya Kowal ini diharapkan nantinya dapat menjadi komandan pangkalan di hal ini komandan pangkalan kelas A, danlantamal, kemudian juga sebagai pilot, sudah ada ada (pilot), tetapi belum ada sebagai komandan skadron untuk pilot," kata Laksamana Ali.

Korps Wanita TNI AL terbentuk pada tanggal 5 Januari 1963 yang digunakan juga bertepatan dengan pelantikan anggota Kowal pertama oleh Kepala Staf TNI AL ketika itu Laksamana Muda R.E. Martadinata. Sejak terbentuk pada tahun 1963 sampai 2024, ada tiga anggota Kowal yang tersebut berhasil menjabat Komandan Pangkalan TNI AL, yaitu Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita (Danlanal Yogyakarta), Kolonel Laut (KH/W) Renny Setiowati (Danlanal Bandung), lalu Kolonel Laut (KH/W) Rinanda Sintasari (Danlanal Malang).

Untuk jabatan komandan KAL, kata dia, sejauh ini diketahui ada dua anggota dari Korps Wanita Angkatan Laut yang mana pernah mengisi itu, yaitu Letda Laut (P) Siti Ariftini Sutji Hidayati (KAL Kangean) dan juga Lettu Laut (P/W) Kartika Jala Pupita (KAL Kadet VIII-08).

Dalam rentang waktu sejak berdiri sampai hari ini, tiga anggota Kowal berhasil menjadi perwira tinggi bintang dua (laksamana muda) juga 17 anggota Kowal menjadi perwira tinggi bintang satu (laksamana pertama).

SUMBER ANTARANEWS.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *