Scroll untuk baca artikel
Berita

Bukan AS, Hal ini Paspor Terkuat dalam Muka Bumi

457
×

Bukan AS, Hal ini Paspor Terkuat dalam Muka Bumi

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM –

Jakarta – Singapura berhasil menjadi negara dengan dengan paspor terkuat di area dunia periode 2023. Pemegang paspor Singapura bisa saja bebas visa masuk ke 192 negara dari 227 negara dalam dunia.

Pemeringkatan paspor global pada tahun 2023 diadakan Otoritas Transportasi Atmosfer Internasional (IATA). Di bawah Singapura, ada Jerman, Italia, kemudian Spanyol yang digunakan berada dalam sikap kedua, dengan warganya dapat mengunjungi 190 negara.

Jepang yang dimaksud tadinya memuncaki klasemen tahun 2022 merosot ke kedudukan ketiga. Pemegang paspor Negeri Sakura dapat mengakses 189 negara pada 2023, berkurang dari tahun lalu yang digunakan sebanyak 193 negara. Selain Jepang, negara yang dimaksud menduduki kedudukan ketiga di area tahun 2023 adalah Austria, Finlandia, Prancis, Luksemburg, Korea Selatan serta Swedia.

“Tren umum pada 18 tahun terakhir adalah kebebasan perjalanan yang lebih lanjut besar,” kata Henley and Partners di pernyataan siaran pers, dikutipkan Mingguan (21/1/2024).

Singapura vs. AS

Paspor Singapura juga menempati tempat pertama pada tahun 2021 dengan akses ke 194 tujuan, tetapi turun ke kedudukan kedua tahun lalu. Dalam 10 tahun terakhir, Singapura sudah pernah meningkatkan skornya sebesar 25, mendorongnya naik lima peringkat untuk menempati tempat teratas.

Sebaliknya, dari 10 negara teratas, Negeri Paman Sam mengalami peningkatan terkecil pada skor indeksnya selama satu dekade terakhir. Amerika Serikat sekarang menempati urutan kedelapan pada indeks paspor.

“Ceritanya mudah – dengan sedikit sejumlah diam, Negeri Paman Sam telah dilakukan tertinggal,” kata ahli teknologi perkotaan di tempat Institut Jacobs Cornell Tech, Greg Lindsay. Negeri Paman Sam terus tertinggal dari Korea Selatan, Negeri Sakura serta Singapura.

Artikel Selanjutnya Intip Pemilihan Umum Singapura, Warga Nyoblos untuk Presiden Baru

SUMBER CNBC.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *