Scroll untuk baca artikel
Inspirasi

Daftar 5 Negara yang tersebut Paling Jarang Ngutang, Ada Tetangga RI

403
×

Daftar 5 Negara yang tersebut Paling Jarang Ngutang, Ada Tetangga RI

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM –

Jakarta – Tak semua negara pada dunia ini menarik utang untuk menjalankan perkembangan kemudian roda pemerintahannya. Setidaknya ada lima negara di tempat dunia ini yang mana miliki utang paling sedikit di area antara negara lain, berdasarkan catatan World Population Review.

Dibandingkan Indonesia, tingkat rasio utang terhadap produk-produk domestik bruto (PDB) negara-negara itu pun sangat lebih tinggi rendah. Berdasarkan data International Debt Statistics (IDS) 2022 World Bank, Indonesia masuk di jajaran negara berpendapatan menengah rendah dengan utang luar negeri terbesar pada 2020.

Menurut data IDS, utang Indonesia per akhir 2020 mencapai US$ 417,53 miliar. Angka itu naik dari US$ 402,11 miliar dari 2019, sehingga menghasilkan rasio utang terhadap Sistem Domestik Bruto (PDB) mencapai 41%. World Population Review, pun mencatat persentase rasio utang Indonesia terhadap Pendapatan Domestik Bruto sebesar 29,29%.

Dengan porsi utang itu, World Bank pada 2022 sempat menempatkan Indonesia ke di daftar 10 negara terbesar yang memiliki utang luar negeri tinggi untuk kategori negara berpendapatan menengah ke bawah. ULN Indonesia berada di area urutan ke-7 dengan besaran US$ 417,53 miliar berdasarkan total utang luar negeri per akhir 2020.

Lantas, negara mana cuma kah yang digunakan memiliki tingkat utang terendah pada dunia?

World Population Review mencatatkan data ada lima negara yang mana rasio utangnya paling kecil di tempat dunia. Tidak ada negara dari Eropa serta Amerika di area pada daftar tersebut, yang tersebut ada adalah negara-negara yang tersebut berasal dari Asia, Afrika, hingga Timur Tengah, berikut ini daftarnya:

1. Brunei: rasio utang 3,2 % dari PDB
2. Afghanistan: rasio utang 7,8 % dari PDB
3. Kuwait: rasio utang 11,5 % dari PDB
4. Kongo: rasio utang 15,2 % dari PDB
5. Eswatini: rasio utang 15,5 % dari PDB

Artikel Selanjutnya Jadwal Kualifikasi Piala Global 2026: Indonesia vs Brunei

SUMBER CNBC.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *