Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Ini adalah lima rekomendasi aksesori berkendara pada waktu musim hujan

378
×

Ini adalah lima rekomendasi aksesori berkendara pada waktu musim hujan

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM – Ibukota Indonesia (ANTARA) – Berkendara pada waktu musim hujan memiliki tantangan tersendiri, selain kondisi jalan yang dimaksud licin, hujan dapat menyebabkan visibilitas menjadi terbatas, sehingga penting bagi pengemudi untuk melakukan konfirmasi kendaraannya setiap saat pada kondisi prima agar dapat tetap memperlihatkan berkendara dengan lebih banyak aman.

Tokopedia melalui rilisnya membagikan lima rekomendasi aksesori lokal untuk berkendara mobil juga motor ketika musim hujan agar lebih besar aman serta nyaman.

1. Pastikan miliki helm sesuai SNI dan juga siapkan ban cadangan.

Aksesori keselamatan seperti helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib dimiliki pengendara motor. Aksesori keselamatan itu dapat membantu pengendara agar tetap saja aman di area jalan raya, bahkan ketika kondisi hujan yang deras. Warga dapat memiliki helm SNI dari berbagai brand lokal, seperti Cargloss.

Bagi pengendara mobil, ban cadangan wajib disediakan di bagasi sebagai antisipasi jikalau terjadi kebocoran. Pastikan tekanan angin ban mobil di kondisi ideal sebelum mengemudi.

Baca juga: Manfaat pakai box pada motor ketika berkendara

2. Siapkan kain lap microfiber dan juga wiper untuk menjaga kebersihan kendaraan.

Selain bermanfaat untuk menjaga keselamatan, kain lap kemudian wiper menjadi dua aksesori penting untuk menjaga kebersihan kendaraan.

Pemilihan jenis kain lap mobil maupun motor juga penting untuk diperhatikan. Pilihlah kain lap dengan material microfiber yang tersebut cenderung lembut serta tidaklah mudah menggores permukaan kaca atau body mobil maupun motor.

Jangan lupa mengganti karet wiper secara berkala agar tetap saja elastis lalu dapat membersihkan air hujan dengan efektif.

Warga sanggup mendapatkan wiper serta keinginan kebersihan untuk kendaraan dari berbagai brand lokal, termasuk Carinn Store serta Nanotech Protection.

3. Pakai stiker atau semprotan anti kabut untuk menjaga visibilitas pada waktu berkendara.

Stiker atau semprotan anti kabut bisa saja juga merupakan contoh aksesori kendaraan yang digunakan sangat bermanfaat ketika musim hujan.

Stiker atau cairan semprotan anti kabut biasanya mempunyai lapisan khusus yang digunakan dapat mengempiskan atau menjaga dari terbentuknya embun pada permukaan kaca kendaraan sehingga dapat memverifikasi visibilitas yang tersebut lebih lanjut baik.

Terdapat berbagai pilihan stiker atau semprotan anti kabut buatan brand lokal untuk kaca helm atau kaca mobil, seperti Oxide.

Baca juga: Ini sederet tips aman berkendara pada waktu hujan

4. Siapkan jas hujan atau payung.

Bagi pengendara motor, pilihlah jas hujan yang digunakan ukurannya sesuai dengan tubuh untuk melindungi diri dari air hujan serta hindari menggunakan jas hujan model ponco dengan ukuran yang tersebut terlalu panjang.

Bagi pengendara mobil, disarankan untuk terus-menerus menyediakan payung dalam bagasi mobil, apalagi pada waktu musim hujan.

Berbagai jenama lokal pembuat jas hujan tersedia dalam toko daring, salah satunya Respiro jika Madiun.

Ada juga brand lokal jika Bandung, Ame Raincoat yang menawarkan jas hujan dan juga jaket parka yang mana sangat fungsional sekaligus memperkuat style naik motor tetap memperlihatkan fashionable dalam berada dalam hujan.

5. Perhatikan kampas rem, busi motor serta aksesori performa kendaraan.

Pastikan performa kendaraan terus-menerus terjaga, khususnya pada waktu musim hujan, dengan rutin memeriksa kondisi aksesori atau perlengkapan kendaraan. Berbagai perlengkapan yang digunakan perlu dicek pada antara lain adalah kampas rem hingga busi motor.

Pilih kampas rem dengan daya pengereman yang dimaksud lebih lanjut baik, ketahanan yang digunakan lebih besar tinggi dan juga responsivitas yang tambahan baik. Performa kampas rem yang digunakan baik umumnya terbuat dari material yang tambahan keras dan juga tahan panas. Warga dapat membeli kampas rem motor di tempat berbagai brand lokal di area Tokopedia, salah satunya Kyta Store.

Baca juga: Kendarai mobil listrik pada waktu hujan, apa yang tersebut perlu diperhatikan?

SUMBER ANTARANEWS.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *