Scroll untuk baca artikel
Berita

96 Negara Jadi Pasien IMF, Jokowi: Bumi Tak Baik-Baik Saja!

311
×

96 Negara Jadi Pasien IMF, Jokowi: Bumi Tak Baik-Baik Saja!

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM –

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kondisi dunia sedang bukan pada kondisi baik. Terlihat dari beberapa negara yang digunakan masuk jurang resesi hingga pasien lembaga Dana Moneter Bumi (International Monetary Fund/IMF) sudah ada mencapai 96 negara.

Hal ini diungkapkan Jokowi ketika Pembukaan Muktamar XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah di area Palembang, Hari Jumat malam, (1/3/2024).

“Dalam satu dua bulan ini banyak negara masuk di jurang resesi. Eropa, kemudian baru semata kemarin Inggris masuk resesi, Negeri Matahari Terbit masuk resesi. 96 negara juga jadi pasiennya IMF,” kata Jokowi disitir Hari Sabtu (2/3/2024).

“Artinya apa? situasi dunia bukan sedang baik-baik saja,” sambungnya.

Sehingga Jokowi mengimbau terhadap seluruh stakeholder pemerintahan untuk melakukan pengelolaan kegiatan ekonomi hingga anggaran pendapatan serta belanja negara (APBN) dengan hati-hati. Ia juga memberikan arahan yang tersebut sebanding pada pemerintahan berikutnya.

“Dan kita harapkan ke depan pemerintah yang digunakan baru juga melakukan hal yang dimaksud sama, hati-hati di menjalankan negara sebesar Indonesia. Karena Indonesia bukanlah negara kecil,” kata Jokowi.

Eks Gubernur DKI Ibukota Indonesia ini mengimbau sulitnya mengatur negara sebesar Indonesia, yang memiliki 280 jt penduduk. Sehingga perlu diperhatikan terkait pengelolaan dunia usaha maupun politik.

“Harus penuh dengan kehati-hatian agar tiada keliru pada mengatur negara,” kata Jokowi.

Artikel Selanjutnya Isi Kuliah Umum di dalam Stanford AS, Jokowi Sindir Soal Ini..

SUMBER CNBC.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *