Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Mobil Listrik Citroen Akan Dirakit di area Indonesia mulai Juli Tahun Ini adalah

330
×

Mobil Listrik Citroen Akan Dirakit di area Indonesia mulai Juli Tahun Ini adalah

Sebarkan artikel ini

TEGALPOS.COM – Mobil listrik Citroen akan dirakit pada Indonesia mulai Juli 2024, demikian dikatakan Deputi Sektor Sinkronisasi Infrastruktur kemudian Transportasi Kementerian Koordinator Sektor Maritim lalu Penyertaan Modal Rachmat Kaimuddin.

Perakitan mobil listrik ini nantinya melibatkan PT National Assembler, sebuah perusahaan perakitan dari India, Grup Indomobil sebagai distributor tunggal merek Citroen di area Indonesia, dan juga Stellantis pemilik merek Citroen tingkat global.

“Citroen bilang bulan Juli 2024, beliau sudah ada mau berproduksi (merakit mobil),” ujar Rachmat Kaimuddin di acara bertajuk, Update dan juga Sosialisasi Insentif melawan Penyertaan Modal KBLBB untuk Pihak Terkait di dalam Jakarta, Hari Jumat (1/3/2024).

Sementara pada Januari lalu pimpinan Citroen Indonesia Tan Kim Pauw mengungkapkan rencananya untuk merakit mobil listrik di tempat Indonesia, melalui salah satu sarana pabrik milik Grup Indomobil yang digunakan tersedia di area Purwakarta, Jawa Barat.

Informasi ini juga diamini oleh Rachmat pada hari ini. Ia menegaskan bahwa Citroen tidak ada akan mendirikan pabrik perakitan, melainkan menggunakan infrastruktur yang mana telah ada saja.

“Dia kayaknya menggunakan prasarana yang telah ada, tapi bawa CKD (completely knock down). Sudah ada assembler-nya (perakitnya) dalam sini,” kata Rachmat dilansir dari Antara.

Tan sendiri pada awal tahun ini menyatakan mobil listrik Citroen akan mengantongi Taraf Komponen Dalam Negeri (TKDN) 20 hingga 40 persen di area tahun ini. Citroen Indonesia secara paralel juga berada dalam mengajukan izin untuk pemerintah untuk mengambil bagian dan juga inisiatif insentif pemerintah.

“Salah satu persyaratan untuk mengikuti acara insentif mobil listrik ini adalah komitmen memproduksi secara lokal serta itu akan kami mulai segera,” kata Tan.

Dengan ini, mobil listrik selanjutnya dari perusahaan otomotif Perancis itu berpotensi untuk mengalami penyesuaian harga, mengingat akan mendapat diskon Pajak Pertambahan Angka (PPN) dari pemerintah.

Citroen resmi kembali masuk ke lingkungan ekonomi Indonesia di area tahun 2022 melalui Grup Indomobil. Mobil listrik Citroen yang dimaksud telah terjadi dipasarkan di area Indonesia ketika ini adalah E-C3, pertama kali diperkenalkan di dalam event otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show atau GIIAS Agustus 2023, dengan sistem yang mana masih impor utuh atau Completely Built Up (CBU) dari India. 

SUMBER SUARA.COM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *